Selasa, 07 Juni 2011

Apa saja yang bisa dilakukan oleh sistem operasi window xp home edition??

Saya adalah salah satu pengguna Windows XP home edition walaupun sekarang sudah jarang orang yang menggunakannya karena orang-orang lebih memilih menggunakan Vista dan Seven. Bila dibandingkan dengan OS lainnya memang XP terbilang ketinggalan namun bagi sebagian orang yang malas mengupgrade Osnya ini merupakan OS yang simpel karena sudah lama dan banyak dipakai orang sehingga penggunanya cenderung sudah benar-benar paham dan menguasainya.

Windows XP sendiri adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC (OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.

Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi Windows ini adalah dukungan jaringan, di mana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional. Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, diantaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Connection Sharing (ICS), dan masih banyak yang lainnya.

Windows XP Home Edition ditujukan untuk menggantikan versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 98 dan Windows ME, karena kedua versi Windows tersebut tergolong ke dalam kelas Windows untuk pengguna rumahan.

Menurut saya Windows XP mempunyai kelebihan diantaranya:

· Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.

· Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.

· Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

· Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.

· Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

Walaupun terdapat kekurangan seperti berikut;

. Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-geerasi windows sebelumnnya.

. Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source.

. Gampang terkena virus.

. Sistem yang kurang stabil.

Rata-rata setiap OS memiliki kemampuan yang sama untuk pengolahan file atau penyimpanan file seperti gambar, video dan lain-lain. Jika dibanding dengan lainnya tentu saja XP tergolong ketinggalan karena untuk penyimmpanan foto dan video misalnya, XP ini masih biasa saja tidak ada kemampuan lain. XP juga memerlukan bantuan aplikasi untuk mengunci file-file yang kita ingin sembunyikan. Namun XP tetap saja mempunyai kemampuan, Berikut adalah kemampuan dari Window XP home edition:

1. Microsoft ini telah mengimplementasikan Windows Product Activation (WPA), yang artinya Microsoft menginginkan semua informasi tentang penggunaanya.

2. Penambahan kecepatan pada event-event tertentu, yaitu saat booting, kecepatannya dapat melampaui Windows 2000, kita dapat melakukan pergantian user dengan menggunakan switch user, desktop gaya baru yang disebut Luna serta Windows XP memberikan tooltips yang dapat membantu dalam penggunaan Windows XP itu sendiri.

3. Dapat digunakan sebagai sistem keamanan data, yang dapat menyaring penggunaan ping, bahkan dapat membuat komputer yang digunakan tak tampak bagi port scanner yang biasa digunakan.

4. Kelengkapan Driver : Dibentuk dengan kompatibilitas tinggi terhadap software-software yang ada sekarang sehingga dapat lebih mudah dalam menggunakan software-software lama berarsitektur Windows 9x/Me/NT/2000.

5. Mendukung komputasi 64bit.

6. Banyak aplikasi yang bisa didukung dengan OS ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar