Kamis, 25 Februari 2010

Karang Taruna Manggarai

Evakuasi Korban Tenggelam, 20-24 Desember 2007

Kamis, 20 Desember 2007, jam 10 pagi, Posko Rescue Banjir Karang Taruna Kelurahan Manggarai mendapat laporan adanya warga kelurahan Bukit Duri yang hanyut dan tenggelam di sekitar komplek perumahan Garuda, dekat SMU 8 Bukit Duri Jakarta.

Berdasarkan data yang didapat, korban adalah seorang pemuda yang bernama Endrianto (25), berprofesi sebagai supir Bajaj dan bertempat tinggal diKelurahan Bukit Duri didekat Kali Ciliwung. Pada saat kejadian korban berniat hendak mandi di kali Ciliwung bersama seorang rekannya, Beberapa saat kemudian air kali Ciliwung mulai meninggi, korban bersama rekannya hendak menepi dan mencoba meraih dahan pohon, tapi naas bagi korban dahan pohon yang dipegang patah akibatnya korban terbawa arus kali CIliwung, Rekan korban yang berhasil selamat segera menginfromasikan ke warga sekitar bahwa rekannya telah hanyut dan tenggelam.

Sesaat setelah mendapat laporan warga, komandan rescue Bpk. Seno Aji langsung bergerak bersama sekitar 15-an anggota Rescuer menuju lokasi awal korban jatuh. Tim terdiri dari Rescue Karang Taruna, SAR Satya Buana dan BASARNAS. Segera dilakukan pencarian menyisir kali CIliwung dengan menggunakan satu perahu karet dan beberapa tim mencoba melakukan pencarian dengan ringbuoy dan menyelam kedasar kali. Tapi karena cuaca yang berubah-ubah menyulitkan pencarian korban dan akhirnya pencarian diputuskan dilanjutkan esok harinya.

Pada pencarian hari ke 2 dan ke 3 dibagi 2 tim pencarian, satu tim menyisir pencarian dari titik awal korban jatuh hingga radius kurang lebih 1500 m kearah Kelurahan Manggarai yang lama dan tim lain mencari hingga ke pintu air Manggarai depan stasiun KA Manggarai. Selama tiga hari pencarian tetap nihil, korban tidak dapat ditemukan dan pencarian diputskan untuk dihentikan.

Senin (24/12), warga melaporkan telah melihat mayat seorang laki-laki di pinggir kali CIlliwung di sekitar Jalan Guntur dan Hallimun. Tim segera bergerak ke lokasi dan mendapatkan mayat seorang laki-laki, lalu segera dilakukan evakuasi dan membawa mayat ke ruang kamar mayat RSCM. Berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan pada tubuh korban cocok dengan korban yang hanyut terbawa arus kali CIliwung tanggal 20 Desember kemarin. Akhirnya tim mengabarkan kepada keluarga korban dan melaporkan kepada pihak yang berwajib bahwa korban hanyut telah ditemukan.


Sumber:
www.kt-manggarai.tripod.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar